Monday 26 September 2011

Singkong sebagai Lahan Bisnis,,,,,

     Singkong merupakan tanaman rakyat yang dapat dikatakan makanan pokok selain nasi oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya bagian umbi saja yang dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi, namun daun, kulit dan batangnya pun dapat dimanfaatkan. Bila dapat mengolahnya dengan baik dan benar, bisa jadi hal ini dapat dijadikan Lahan Bisnis baru yang menguntungkan bagi Anda.
     Bahkan,Umbi Singkong juga diminati hampir di semua wilayah tanah air, Umbi singkong juga dikenal sebagai makanan pokok di daerah tertentu. Di beberapa daerah, singkong (manihot utilissima) dikenal dengan berbagai nama, seperti ubi kayee (Aceh), kasapen (Sunda), tela pohong (Jawa), tela belada (Madura), lame kayu (Makassar), pangala (Papua), dan lain-lain. Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini banyak ditanam di pekarangan, tanggul, ataupun sawah. Cara untuk menanam tanaman ini, dapat dilakukan dengan stek batang singkong tua.
     Menurut pakar tanaman obat, Prof Hembing Wijayakusuma, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi. Untuk umbi singkong sendiri, memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batangnya mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.
      Potensi dari tanaman singkong ini sangat beraneka ragam dan yang pasti kaya akan manfaat. Bila digunakan sebagai penganan dapat diolah menjadi keripik, kudapan, sayuran, tape, cake, puding, roti atau berbagai hidangan lezat lainnya. Selain itu juga memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Diantaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri dan dapat meningkatkan stamina. Bahkan singkong atau ubi kayu ini dapat juga dibuat tepung singkong/Tapioka yang dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, karena tepung ini baik untuk pengidap alergi.
     Begitu banyak manfaat dari singkong, dalam pengolahannyapun tidak terlalu sulit. Singkong yang  mudah ditanam dan sangat mudah diperoleh. Hal inilah yang dapat kita jadikan Potensi Singkong sebagai Lahan Bisnis yang menjanjikan. Beraneka ragam olahan dari singkong kini banyak kita temui dengan bentuk dan rasa yang variatif tapi juga menyehatkan. Seperti :
  1. Brownies
  2. Keripik 
  3. Gatot
  4. Tiwul
  5. Tape
  6. Es Cream
  7. Aneka macam kue
  8. Mocaf atau modifikasi cassava
  9. Nah, kini giliran Anda yang berkreasi untuk menjadikan hidangan singkong yang lebih menarik lagi.    
Sungguh sebuah Anugerah yang Istimewa dari Yang Maha Kuasa dengan memberikan kelebihan kepada kita akan Tanah dan berbagai isi didalamnya.    

1 comments:

temanada.agro@gmail.com said...

Jayalah Singkong Indonesia!!!!
www.agroraya.net | Supplier Bahan Pakan Ternak Indonesia

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons